PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM AIR LIMBAH TANKI SEPTIK INDIVIDU PERDESAAN OLEH DINAS PU

  • Oct 13, 2023
  • Admin Desa Eyat Mayang

Eyat Mayang- Lombok Barat, 17/08/2023), Program Ini berasal dari Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kabupaten Lombok Barat bekerjasama dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Eyat Mayang Sehat Desa Eyat Mayang yang diketuai oleh Amar Patoni,S.Pd, Program ini yang di Fasilitasi olrh Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Teknis Taufiqurahman,ST dan TFL Sosial Umar Yadi Idris,S.Pd, DAK Sanitasi Tahun 2023 Kabupaten Lombok Barat sudah berjalan sesuai RKTL dan sudah Mulai Termin Dua dengan target 26 Orang, yang sebelumnya di Termin Satu Sudah Final 17 orang. dan sisanya ditermin tiga. karena target totalnya sebanyak 57 orang.

Dengan Adanya Program DAK Sanitasi ini dapat membantu masyarakat yang belum memiliki WC yang layak. Dengan program ini, diberharapkan masyarakat Desa Eyat Mayang semakin sadar dan peduli dengan dampak pencemaran lingkungan baik air, udara, dan tanah, terutama limbah yang berasal dari rumah tangga, sehingga nanti Warga Desa Lebih sehat, dan nyaman bagi warganya.terkhusus Masyarakat yang Anaknya Stunting dan yang belum memiliki jamban dan septictank atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah ini sebagai prioritas. dan untuk pelaksanaan dilapangan dikelola Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang namanya Eyat Mayang Sehat terdiri dari 7 orang, yang akan bertugas Mulai dari menyusun RKM (Rencana Kerja Masyarakat) atau proposal untuk pembangunan tangkiseptik dan bangunan jamban sesuai hasil Selotif dan Pelaksanaannya Mulai dari bahan bahan, Tenaga Pekerja, Dokumentasi, dan Pelaporan tiap terminnya.

 

 

Kegiatan DAK Sanitasi Tahun 2023 ini merupakan yang Kedua kalinya diadakan di Desa Eyat Mayang yakni yang pertama pada tahun 2020 melalui Program Sanitasi SLBM DAK 2020 Lalu dengan KSM yang sama dengan penerima manfaat sebanyak 50 Orang, dan TFL yang sama. untuk Tahun 2023 ini jumlah penerima sebanyak 57 orang disebar kesemua Dusun se Desa Eyat Mayang Kecuali Dusun diwilayah gunung. "(rosidi.red)