Rekapitulasi Hasil Belum Selesai, KPPS Lakukan Penghitungan Sampai Malam

  • Feb 16, 2024
  • PPID Eyatmayang

 

LOMBOK BARAT, Eyatmayang: Proses penghitungan suara hasil Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024) sampai dengan malam hari masih berlangsung. Di TPS 01-09 di wilayah kerja PPS Desa Eyat Mayang, Ketua dan anggota KPPS mesti lembur menyelesaikan proses rekapitulasi hasil pemilihan legislatif dan eksekutif maupun Presiden

 

Warga juga tampak ikut menyaksikan proses penghitungan. Mereka ikut menonton penasaran dengan rekapitulasi calon dukungan yang dijagokan menang atau kalah. 

 

Salah satu warga, Suherman (36) menuturkan, pemilihan tidak hasil akhirnya saja yang dibutuhkan calon pemimpin terpilih. Tetapi masyarakat pemilik hak suara berhak pula mengawasi dan ikut terlibat mengawal tahapan ini, penghitungan suara juga paling rawan. 

 

"Karena tahapan ini rawan manipulasi kecurangan, maka warga berhak mengawasi proses penghitungan akhir. Kita ingin masyarakat terlibat dalam seluruh alur demokrasi, Pemilu sehat akan tentukan nasib bangsa masa depan," kata Eman

 

Warga lain, Zaini menilai Pemilu 2024 di wilayahnya berhasil. Dukungan warga mensukseskan besar TPS di tingkatan RT penuh pemilih yang mencoblos harus antre. 

 

"Inilah pesta demokrasi yang sebenarnya, warga memberikan dukungan suksesnya pemilihan. Bahkan sampai malam, semuanya masih bersemangat menjadi saksi terpilihnya pemimpin." ucapnya. 

 

Penentuan hasil Pemilu di tahap penghitungan dilakukan dengan sangat teliti dan hati-hati. Prosesnya panjang sehingga memang tidak bisa cepat karena butuh kecermatan. (Rosidi)